Jumat, 03 September 2010

Lebaran butuh lembaran

“datanglah pada-Ku semua yang letih lesu dan berbeban berat, dan Aku akan memberimu istirahat”, sabda Tuhan.

Kalimat yang sangat menghibur dan membahagiakan bagi banyak orang yang mengalami beban berat dalam hidup ini, bagaimana tidak karena mereka akan diberi isitrahat ketika bersedia datang kepada Tuhan.

Pertanyaannya,” dimana Tuhan berada terutama saat-saat melelahkan ini????”.

Ya, Tuhan ada dimana???

Apakah Tuhan ada di gereja????, apakah Tuhan ada dipinggir jalan yaitu di trotoar??? Apakah Tuhan ada di rumah setiap pribadi yang mengalami beban itu??? Atau Tuhan ada di hati yang mengalami beban berat itu???

Jawaban banyak orang bisa berbeda-beda Tuhan ada dimana saat orang mengalami beban berat ini.

Jawaban saya bisa sama namun juga bisa berbeda dengan jawaban para sahabat semua.
Jawaban saya adalah Tuhan ada DALAM HATI MEREKA YANG MEMILIKI KEPEKAAN AKAN PENDERITAAN DAN BEBAN BERAT mereka yang mengalami beban berat itu. Sekali lagi Tuhan ada di hati yang memiliki kepekaan akan beban dan penderitaan orang lain yang mengalami beban itu..

Pribadi yang dipilih oleh Tuhan untuk tinggal ada dimana-mana termasuk dalam hati sampeyan semua, karena kepekaan tentu juga ada dalam diri sampeyan dan semoga juga ada dalam diri saya.

Hari-hari ini banyak sekali orang yang mengalami banyak beban dalam hidupnya akan tuntutan untuk memenuhi kebutuhan akan ahri istimewa bernama hari lebaran ini.

Banyak ibu-ibu harus mempersiapkan lebih dari baisanya, banyak ibu-ibu dituntut member baju baru bagi anak-anaknya, banyak ibu harus memasak lain dari yang lain dari biasanya, banayak ibu harus memberi perhatian lebih akan hari istimewa ini akan mereka yang ada disekitarnya..

Tuntutan dan beban yang lebih ini bisa atau tidak harus ditanggung sehingga mereka harus rela untuk “berkeliling” demi mendapatkan “lembaran-lembaran” uang untuk memenuhi “lebaran”..

Lebaran tidak bisa dipisahkan dengan lembaran bernama uang ini.

Bagi yang memiliki simpanan, memiliki cadangan, memiliki THR, memiliki saudara yang bisa berbagi tentu mudah mendapatkan lembaran untuk lebaran ini,
Bagiaman yang tidak memiliki semua ini???

Tentulah mereka harus ekstra ekras mendaptkannya salah satunya yaitu dengan yang namanya “utang” kepada mereka yang memiliki lembaran lebih dan tidak terpakai untuk lebaran ini.

Namun banyak orang tidak bisa memberikan pinjaman ini karena banyak orang juga dituntut memenuhi lebaran dengan lemabran ini sehingga jangankan meminjami lha untuk memenuhi kebutuhan sendiri kadang susah dan belum bisa mencukupi kebutuhannya..

Jadi kemana mereka harus pergi ???
Tentu tujuan yang paling tepat adalah kepada Tuhan karena Tuhan adalah tumpuan banyak orang yang sedang mengalami beban berat karena ketiadaan lembaran untuk memenuhi lebaran ini.

Tapi Tuhan ada dimana????

Tuhan ada di hati mereka yang memiliki kepekaan, dan panggilan sebagai rumah Tuhan ini ada dalam diri kita sebagai anak-anak-Nya yang adalah temapt terindah bagi Dia.

Semoga kita bisa menjadi tumpuan kehadiran priabdi-pribadi yang kurang beruntung ini karena Allah telah memiliki kita sebagai tempat tinggal-Nya.

Salam dalam cinta membangun dunia baru menjadi rumah temapt tinggal Tuhan.p
petrusp.