Sabtu, 27 Desember 2008

Rumah Cinta Kasih 11

Keberanian adalah benteng terakhir dalam mempertahankan hidup kalau tantangan datang.
Setiap orang memiliki kekuatan besar yang berasal dari keberanian ini.
Semakin ada keberanian dalam hidup, hidup semakinan mendekati kemenangan.
Yah, sekali lagi keberanian, orang yang memiliki keberanian adalah mereka yang memiliki kesempatan lebih untuk meraih apa yang diharapkan dan mereka tidak akan mengalami akhir yang menyedihkan namun akan memiliki akhir yang sangat indah mengagumkan.
Semoga keberanian ini ada dalam kita.
Keberanian untuk mencintai, Keberanian berbicara kebenaran, Keberanian berbagi kehidupan dengan orang lain dan
Keberanian menjadikan semua orang sebagai sahabat terutama mereka yang memerlukan bantuan dari kehadiran kita.
Seperti keberanian Bunda Maria untuk menerima Yesus dalam kandungannya dan dari keberanian itu hasil indah mengagumkan terjadi dalam hidupnya bahkan hasil itu memberikan rahmat pada kehidupan ini hingga kita boleh diselamatkan dari keberanian Bunda Maria.
Berani seperti Bunda Maria adalah hal utama dalam hidup kita.
Maka mencintai Maria juga merupakan jalan menunjukkan keberanian itu.
Beberapa hari yang lau, ada seorang kawan yang menceritakan kepada saya akan pergulatan keluarganya yang tidak ada habis-habisanya.
Masalah terus menerus datang menggempur keluarganya hingga semua celah seolah tertutup dan dinding tebal permasalahan semakin kuat menghadang.
Saya mendengarkan cerita dari rekan itu.
Di akhir ceritanya saya membalas satu kalimat," Allah dapat menyelesaikan permasalahan itu kalau Anda mau menyerahkan masalah itu kepadaNya, Mintalah pertolongan Allah melalui Bunda Maria dengan berdoa Rosario setiap hari maka permasalahan itu pasti akan diberi jalan keluarnya".
Rekan itu menjawab," Kami berdoa setiap hari tetapi jarang berdoa rosario karena panjang dan membuat ngantuk kalau mendoakannya, jadi kami malas berdoa rosario".
Saya katakan," doa rosario memang panjang dan menjemukan tetapi disanalah ada misteri cinta yang amat dalam".
Sambung saya," Usahakan berdoa rosario setiap hari dan saya akan ikut berdoa untuk penyelesaian masalah dalam keluarga Anda".
Mengapa saya menyarankan doa rosario ?
Alasan pertama adalah karena doa ini "jarang" didoakan terutama oleh mereka yang sibuk dalam pekerjan.
Doa rosario adalah doa yang luar biasa hebat karena disana harus ada kesetiaan.
Doa ini panjang, menjemukan, bikin ngantuh dan sebagian orang malas mendaraskannya.
Banyak orang tidak sadar kalau panjangnya doa ini dapat menjadi ukuran kecintaan kepada Allah melalui Bunda Maria.
Doa yang panjang ini seperti perjalanan hidup manusia yang juga panjang tiada kepastian.
Panjangnya hidup tergambar dari panjangnya doa ini.
Banyak orang tidak dapat mengisi hidup dengan baik karena "kurang" atau " tidak" dapat mencintai hidup ini.
Orang hanya menyukai bagian-bagian dari hidup yang terasa enak, nyaman dan aman yang memberikan kegembiraan.
Sedankan bagian yang lain ingin ditinggalkan.
Proses mencintai secara keseluruhan kurang dipahami dengan hanya mengambil yang dirasa menggembirakan.
Orang menyukai yang singkat dengan harapan hasil yang memuaskan dan cenderung menolak proses panjang.
Maka saya meminta banyak orang agar mulai belajar untuk berdoa rosario entah karena terpaksa atau karena mencintai doa itu.
Dengan berdoa rosario orang belajar untuk setia, tabah dan terutama belajar mencintai apa yang kelihatan panjang, menjemukkan dan tidak enak.
Dengan doa rosario orang diharapkan mampu menangkap maksud dari doa ini seperti menangkap kehendak Allah dalam hidupnya terutama dari permasalahan yang dihadapi.
Ada sesuatu yang terus "diulang-ulang" yang sebenarnya bukan diulang tetapi diperbaharui atau melangkah pada tahapan selanjutnya
Perbedaan mengulang dan melangkan pada tahap selanjutnya adalah pada melakukan hal yang sama tetapi bukan pada tempat saja.
Setiap mendaraskan Salam Maria, ini bukan mengulang tetapi memperbarui langkah dengan naik pada tangga diatasnya atau dibawahnya.
Dengan kesadaran ini maka kejemuhan dan rasa ngantuk bisa diminimalkan.
Kalau hanya mengulang berarti orang hanya ada di tangga yang sama dan tidak berubah posisi sedangkan dengan memperbarui berarti orang diharapkan sudah menapaki tangga diartasnya.
Inilah misteri mencintai itu.
Orang berani mencintai proses dan bukan hanya berjalan di tempat.
Berdoa rosario seperti menaiki tangga perjuangan hidup dalam menyelesaikan permasalahannya.
Kalau orang berani untuk mencintai maka tanpa disadari orang sudah brani melangkah untuk mencapai perjalanan itu dan semua akan terasa indah.
Setiap pendarasan Salam Maria adalah naik pada tangga diatasanya, ini seperti masalah, kalau orang telah berani melangkah dengan keberanian maka walapun masalah ada tetapi pemahaman orang lebih menjadi dewasa.
Maka mulai berani mencintai akan memberikan kebaikan dalam kehidupan ini.
Jika orang berani mencintai Doa Rosario maka secara tidak langsung orang itu diharapkan semakin mencintai proses panjang kehidupan, mulai melawan kemalasan dan melawan kengantukan sehingga jalan penyeelsaian permalahan semakin didaparkan.
Doa rosario sungguh dapat menjadi pintu penyelesaian masalah karena disana ada kesetian, cinta dan kerelaan terus berjuang melawan kemalasan dan kejenuhan.
Jika orang telah bersedia menjalani proses tentulah akan ada kebaikan.
Proses ini memang kadang tidak enak tetapi akan meberikan hasil yang memuaskan jika orang mulai memiliki keberanian untuk mencintai.
Salam dalam keberanian mencintai Doa Rosario sehingga kesulitan dan masalah hidup semakin diteguhkan Allah sehingga pemasalahan itu diberi jalan keluarnya.
Hendaklah keberanian hidup semakin berkobar dalam diri kita sehingga jalan penyelesaian setiap permasalahan semakin dekat dengan kita,
Dunia memang sedang dipenuhi KRISIS dan KRITIS namun KRISTUS datang untuk mengalahkan kritis dan krisis itu dengan bermodalkan cinta kepada kita anak-anakNya dengan hadir dalam setiap keluarga kita.
Selamat pesta Keluarga Kudus semoga kehadiran Kristus menyucikan kelaurga kita sehingga krisis dan kritis tidak ebrkuasa lagi.
Salam dalam cinta membangun dunia baru dengan kebranian untuk mencintai.
petrusp.
Sedikit Sharing, teman saya beberapa waktu yang lalu kehilangan mobil dan saya meminta berdoa dengan pesan dalam waktu dua bulan semoga mobil ditemukan,
syukur kepada Allah sungguh dalam waktu hampir dua bulan mobil boleh ditemukan.
Keberanian dan kecintaan poda doa akan memberikan kebaikan pada dunia ini.