Rabu, 23 Juli 2008

Domus Karitatis 6

From: petrus
"Keyakinanan mendatangkan kekuatan, kebenaran melahirkan keberanian dan kerendahan hati menjadikan hidup semakin mampumelangkah menerobos badai. Jujurlah kepada Allah agar hidup memperoleh keyakinan, mampu berpegang padakebenaran dan selalu diberi rahmat kerendahan hati sehingga hidup tidak kehilanganarah dan pegangan".Keyakinan, kebenaran dan kerendahan hati yang lahir dari kejujurana dalah kuncimencapai keberhasilan dalam mengarungi samudera kehidupan ini.orang yang mampu memperoleh rahmat-rahmat ini hanyalah orang yang mau selalumendekatkan diri kepada Allah karena orang yang demikian hanyalah orang yang selalumengandalkan hidup pada Allah.Dan kedekatan pada Allah ini nampak dari kehidupan sehari-hari dan lebih kelihatanlagi dalam relasi doa kepada Allah.Doa melahirkan banyak berkat dan rahmat dalam hidup ini,Maka berdoalah setiap hari untuk menyerahkan hidup ini dalam belas kasih Allah.Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadai dalam hidup ini bahkan dalamwaktu singkat yang ada didepan mata kitapun, kita tidak akan tahu.Namun kedekatan dengan Allah menjadikan apa yang terjadi sungguh akan menghantarpada kegembiraan baik kegembiraan diri sendiri maupun kegembiraan orang lain.Beberapa hari ini adalah hari yang berat dan memelahkan bagi saya karena memangbanyak pekerjaan terutama pekerjaan pikiran yang terus menekan.Rekan di Jakarta memberi kabar kalau ada beberapa anak yang membutuhkan uang pangkaldimana mereka sudah diterima dan harus mulai mencicil separto dari uang pangkal itu.Jumlah uang pangkjal itu cukup besar dan sayapun juga sedang menangani kasus yang sama.Disamping itu dokter-dokter koas yang membatu di klinik kami juga membutuhkanbantuan dana untuk kegiatannya mereka yang akan berlangsung awal bulan ini danmereka meminta saya ikut membantu kebutuhan mereka disamping kebutuhan dana,kebutuhan obat untuk baksos dengan perkiraan pasien 500 orang juga dimintakan kepadaklinik kami karena "peserta" dari daerah lain yang sediakala akan mencukupipemenuhan obat ternyata gagal karena sponsor yang diperkirakan membantu tidakbersedia membantu.Kegalauan ditambah lagi akrena pesanan obat untuk seorang romo sudah datang danharus dibayar.Kepanikan dan kekawatiran terjadi bahkan membuat badan lemas, tapi saya tidak bolehmemperlihatkan hal ini pada mereka yang ada disekitar saya termasuk dokter-dokterditempat kami.Apalagi kepada rekan yang di Jakarta itu.Saya hanya mampu menyimpan semua itu dalam hati dan menyerahkan kepada Allah.Kepala saya menjadi "nyut-nyutan" tetapi saya tidak bisa menjelaskan kepada merekasemua ini dan hanya kalimat sederhana ini yang bisa saya katakan, "Saya akanusahakan semua ini dan nanti malam saya akan meminta kepada Allah dalam doa karenaAllah saya kaya. Semoga Allah memberikan jalan keluar yang terbaik dari semuapermasalahan ini".Yang paling mendesak adalah kepenuhan akan pengadaan uang pangkal untuk tiga anak diJakarta dan dua anak di Bali.Jika seorang anak membutukan uang sejuta saja maka jumlahnya lumayan besar juga.Maka saya katakan apda teman di jakarta," kita bayar satu atau dua anak dulu sajadan saya akan tranfer nanti sore.....juta untuk mereka".Karena sudah berjanji maka selesai kegiatan klinik sebelum berdoa kepada Allah, sayamengajak salah satu dokter muda ke atm untuk memenuhi janji dengan teman yang diJakarta dan rencananya saya hanya akan transfer separo dari kebutuhan tiga anak.Sebelum trasfer, saya melihat saldo terakhir untuk memastikan jumlah uang yang adadi atm saya.Mata saya terbelalak kaget,"Lho kok jumlahnya dua kali lipat dari jumlah uangkemarin sore?". Maka tanpa pikir panjang saya langsung trasfer ke teman di jakarta sesuai dengankebutuhan angsuran pertama untuk tiga anak sekaligus mengambil uang untuk anak yangdi Bali.Saya senyum-senyum kelaur atm dan langsung saya katakan pada dokter itu," Tuhanmencukupkan semuanya".Dokter itu menjawab," apa maksudnya pak tua"."Ini aku sudah mentransfer uang ke teman yang urus uang pangkal anak di Jakartasebesar yang dibutuhkan dan malah anak di Bali juga sudah aku ambilkan".Dokter itu menjawab," kok bisa?",Jawab saya," Bisa donk karena Tuhan kan kaya sehingga Ia yang mencukupi".Lalu kami pulang ke klinik dan mengajak dokter muda lain untuk makan bersama diwarung dekat rumah.Sunguh kepercayaan kepada Allah tidak akan mendatangkan kesia-siaan.Rumah cinta kasih kembali disemarakkan dengan berkat perlindungan dan cinta yangberasal dari Allah sendiri.keajaiban-keajaiban selalu diberikan kepada mereka yang berani mempercayakan dirinyakepada Allah.Kejadian ini tidak berhenti disini.Keajaiban Allah kembali membuat saya terkejut dan terkagum-kagum tidak percayatermasuk dokter muda yang selalu saya ajak ambil uang ke atm.Malam berikutnya, ternyata ada permohonan obat dari dokter lain sehingga harus belidan saya katakan," Ya sudah kita ambil uang setelah klinik, mungkin uang masih cukupuantuk beli obat kalau hanya satu juataan".Memang sewaktu saya mengambil uang tidak bertambah tetapi ada di garis paling bawahyang jika kurang dari itu merupakan keadaan kritis.Saya hanya bilang sama dokter itu," uangnya ini dulu kekuarangnya nanti kalau adauang karena ternyata uang tidak cukup".Dokter itu mengatakan, "OK".Lalu karena kebutuhan rumah juga sudah habis terutama minuman untuk isi kulkasakhirnya kami belanja sekalian setelah ambil uang.Lha uangnya di dompet saya kok kurang untuk membayar apa yang dibeli."Pusing" kepala saya maka saya pinjam uang dari dokter itu dan saya katakan akansaya ganti setelah nanti ambil uang di atm.Waktu di depan atm saya merinding dan berbicara dalam hati," Tuhan uang ini sudahsangat mepet sekali dan harus diambil lagi, aku harus bagaimana?".Pikiran saya melayang jauh ke tempat yang tidak jelas karena "kegoblokan " sayasemua ini terjadi.Lha pas ambil uang yang hanya selembar untuk mengganti uang dokter itu ternyatasaldonya bertambah dua kali dari saldo minim yang saya tetapkan."Gila", pikir saya dan saya kembali menunjukkan "slip" atm pada dokter yang tadisaya pinjami uang.Dokter itu tersenyum dan berkata," gak salah pak tua?"."Gak, ini berarti uang untuk membantu kegiatan kalian sudah disediakan Tuhan", jawabsayaInilah campur tangan Allah dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi.Saya tidak dapat bicara apa-apa dengan apa yang Allah lakukan pada pak tua yanghitan, jelek, kurus dan muka hancur ini (kata-kata pak tua hitam, jelek, kurus danhancur adalah sebutan yang diberikan oleh teman dokter muda yang berasal darimalaysia).Kebaikan Tuhan beruntun "menggempur" hidup pak tua ini.Saya jadi malu dengan Tuhan.Beberapa hari yang lalu begitu hidup begitu panik, kawatir, cemas dan pusing karenatiada kecukupan dengan uang ternyata semua dicukupkan.Memang tidak berlimpah tetapi semua kebutuhan bisa dipenuhi, angsuran pertama untukuang sekolah lima anak cukup, keperluan obat cukup, keperluan rumah dan isi kukkascukup, makan bersama cukup dan isi atmpun masih ada dan bahkan kegiatan dokter mudainipun sudah bisa membantu walaupun untuk obat kegiatan belum ada tetapi ini masihpada awal Agustus sehingga bisa bernafas dulu sebelum bertempur dengan kepusinganlagi..Inilah cara kerja Allah.kepanikan dan ketakutan dibalik seratus delapan puluh derajat bahkan hidup menjadimalu dengan kebaikan Allah ini.Allah sungguh sumber keajaiban dalam hidup ini.Maka pertama-tama memberanikan diri percaya kepadaNya baru percaya kepada manusiaadalah syarat utama untuk sampai pada kegembiraan hidup.Allah tidak akan meninggalkan siapaun yang mempercayakan diri kepadaNya dan hidupuntuk kebaikan orang lain.dan kepercayaan ini hanya akan nampak dalam kehidupan keseharian yang terwujud darirelasi pribadi dengan Allah.Jika orang telah memiliki relasi dengan Allah yang dekat maka kekuatan akandiberikan dan keberlangsungan hidup akan terpelihara oleh pendampingan Allahsendiri.Maka selalulah memiliki kepercayan dan kerendahan hati untuk menjadi jalan kehadiranAllah secara nyata di dunia ini.Hal ini akan bisa tercapai kalau hidup memiliki kesadaran akan diri yang selaludicintai oleh Allah namun tetap tinggal dalam kerendahan hati sebagai orang berdosa.kesadaran ini memang tidak mudah namun harus diusahakan karena dunia membutuhkankesadaran untuk ini.Semua orang dipanggil oleh Allah untuk merasakan keajaibanNya setiap hari tidakterkecuali Anda.Maka peliharalah keyakinan akan pendampingan Allah agar kekautan hidup diberikansehingga mampu menembus batas dan sekat pemisah antara Allah dan manusia sendiri.Saya berdoa bersam dengan Anda untuk ekbaikan semuanya.Mari membangun dunia dalam kepercayaan kepadaNya dan kemampuan merasakan keajaibanNyaAllah menanti Anda di kediamamNya yang penuh kerahiman.Salam dalam cinta membangun dunia baru dalam cinta dengan domuskaritas.blogspot.competrusp.