Rabu, 25 November 2009

Berbagi Kegembiraan

Perhatian adalah sentuhan halus dari perasaaan terhadap orang lain yang didasari oleh cinta kasih.
Perhatian adalah penghangat hati, penghibur jiwa dan tanda kepedulian.
Perhatian ini sangat penting bagi manusia dan vital bagi kehidupan,
maka sebagai pribadi yang istimewa, mari kita menggunakan waktu dalam hidup ini untuk memberi perhatian kepada orang lain disekitar kita.
Sungguh dengan berani memberikan perhatian ini maka dunia akan menjadi lebih baik dan lebih menyenangkan setidaknya dunia kita dan dunia mereka yang kita perhatikan ini.
Beberapa hari yang lalu, ada sms masuk ke pijetan saya dan isi sms itu adalah,"der, tadi pagi sudah trasfer uang dan tolong dipakai untuk makan bersama lansia".
Saya menjawabnya dengan kata sederhana,"Ok, terima kasih".
Tapi setelah berbicara dengan beberapa rekan ternyata sulit diadakan makan bersama dengan berbagai alasan, alasan pertama adalah rumah terlalu kecil dan tidak cukup untuk kumpul lansia apalagi keberadaan lansia itu berjauhan dengan rumah maka diputuskan kalau dana akan lebih baik jika dibelikan keperluan mandi, sembako dan susu serta bingkisan diantar ke rumah lansia itu.
Maka supaya kerja menajadi lebih baik, saya menyuruh beberapa anak kedokteran itu untuk belanja dan membuat bingkisan untuk lansian ini.
Setelah semuanya beres dan hari yang ditentukan tiba, kami mengantarkan bingksian ke rumah lansia ini dan sungguh sebuah pengalaman yang indah terjadi disana.
Anak-anak kedokteran yang ikut mengantar bingkisan merasa menemukan hal baru dalam kesehariannya, dimana ada yang mengatakan," saya di Bali sudah beberapa tahun tapi baru kali ini menemukan tempat-tempat seperti ini".
ada anak lain yang bilang ,"brud, apakah tidak lebih baik dimasukan ke rumah jompo lansia itu kerena mereka tinggal sendirian dan hidup dalam kesulitan apalagi kalau pas sakit seeprti Ibu...... yang sakit dan tidak ada yang merawat dan menemani???"
Banyak kalimat dan tanda tanya lain muncul dari perjumpaan ini.
Tapi dari semua kaliamt dan tanda tanya ini, ada satu hal yaitu kegembiraan kami dan anak-anak kedokteran ini, dimana kami boleh memeiliki pengalaman berjumpa dengan Ia dalam diri lansia yang hidup dalam ketidakberdayaan akrena usia, penyakit dan keterbelakangan.
Allah sungguh ada disana tapi adalah Allah yang megnalami "kesendirian" yang memerlukan sapaan, perhatian dan sentuhan sebagai masnuai yang adalah istimewa.
Disamping kegembiraan kami ini,
Yang paling utama adalah kegembiraan lansia yang boleh kami kunjungi, sapa dan perhatikan.
Mereka merasa bahagia karena didatangi dokter-dokter klinik,
mereka bahkan ada yang terharu sewaktu diperiksa kesehatannya oleh dokter klinik.
Kegembiraan terjadi karena sebuah jembatan kecil yang dibuat oleh seorang teman yang mengirimkan uang untuk lansia ini.
Dari kunjuangan ke lansia ini pula ada beberapa dokter yang bersedia untuk mengununginya lagi dan mengharapkan program kunjungan ini dilakuakn rutin karena banyak lansia yang sudah tidak bisa berjalan menuju klinik jika mereka sakit.
Sungguh hal besar lahir dari hal sederhana dan dari kerelaan memulai hal sederhana itu.
Jembatan kegembiraan ini dimulai dari kesediaan seeorang rekan berbagi kegembiraannya untuk lansia dan berlanjut dari kerelaan rekan dokter untuk mau melakukan "terobosan" kunjuangn ke rumah lansia ini, dan semakin nyata dalam diri lansia yang telah dikunjungi, dieprhatikan dan disapas ebagai pribadi sitimewa ayng layak mendapatkan semua kegembiraan ini.
Sungguh, alangkah sederhananya memberikan memebuat kegembiraan ini yaitu hanya dengan memberi perhatian kepada mereka yang "membutukan" perhatian itu dan dari sana muncul "kepedulian" akan keberadaan orang lain yang adalah saudara kita dalam kehidupan ini.
Andaikan banyak dari kita berani memulai hal kecil membangun jemabtan perhatian ini maka akan ada wajah baru dari kehidupan ini, yaitu wajah kegembiraan dalam setiap wajah manusia yang telah merasakan jembatan kegembiraan ini.
dan Andaikan,
Setiap dari kita mau membuat jembatan ini bagi setidaknya orang terdekat, maka akan ada sebuah pembaharuan dalam hidup dan akan terbentuk komunitas-komunitas kegembiraan disetiap tempat di dunia ini atau setidaknya kalau jembatan kegembiraan dengan perhatian ini ada dalam kelaurga maka akan ada banyak keluarga yang mengalami kegembiraan dalam hidupnya.
Semoga kita boleh memulai hal-hal sederhana untuk mengubah wajah dunia ini menjadi lebih baik dengan membangun jembatan kegembiraan disekitar kita.
Salam dalam cinta membangun dunia baru dengan berbagi kegembiraan dengan membuat jemabtan kegembiraan dengan kerelaan memebrikan perhatian kepada orang sekitar kita.
petrusp.